ARTIKEL RADIO ELBAYU


Bekerja Sama Dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Media Radio AM ElBayu yang Bertahan Ditengah Modernisasi

Oleh : Fariz Fernanda

Radio Elbayu yang merupakan radio swasta yang berasal dari Gresik dimana radio ini masih menerapkan ataupun bertahan dengan sluran AM. Ditengah perkembangan zaman yang semakin maju dan modern bagaimana radio Elbayu masih bisa bertahan hingga sekarang. Bertahannya radio bisa kita lihat dari sejarahnya. Radio merupakan teknologi pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan elektromagnetik hingga dapat menghasilkan bunyi. Pada umumnya radio hanya bisa didengarkan melalui receiver yang berukuran besar hingga kecil. Namun saat ini untuk mendengarkan radio bisa melalui internet atau streaming.

Dalam pekermbangannya radio menampilkan hal hal yang berbeda, mulai dari radio dengan pemyampain informasi tentang jurnalisme, dakwah, iklan atau kepentingan bisnis dan juga sarana hiburan. Saat ini radio tidak seeksis 5 sampai 10 tahun yang lalu karena sudah tergerser dengan televisi, media sosial (Youtube, Instagram dll ) dan semua hal yang baru diperkembangan teknologi lainya. Namun saat ini tak sedikit radio yang tetap memiliki cara dan keuinikan untuk selalu eksis dan tetap di dengarkan di kalangan masyarakat luas. Radio Elbayu Gresik hadir dengan segmentasi radio Adult Contemporary dan Oldies yang sasaran audiens nya adalah masyarakat dewasa dan juga masyarakat yang sudah berumur diatas 40 tahun.

Radio Elbayu Gresik mulai dari awal mengudara sampai saat ini masih siaran di frekuensi AM. Frekuensi AM sendiri untuk pendengar tergolong lebih sedikit jika dibandingkan dengan frekuensi FM. Namun sampai saat ini Radio Elbayu masih siaran dan masih banyak pendengarnya dan juga banyak komunikasi dengan para pendengar baik melalui telepon interaktif maupun melalui SMS. Program radio di Radio Elbayu yang sampai saat ini masih banyak pendengarnya adalah program DIGODA ( digoyang dangdut ), Kenangan sepanjang masa ( lagu keroncong), Melodi memori (lagu lagu lawas).

Radio Elbayu Gresik juga memiliki program yang sifatnya edukasi yaitu program TAMAN INDRIA, program yang dikhususkan untuk murid murid TK untuk bisa bernyanyi bersama secara langsung dan disiarkan secara langsung. Radio Elbayu Gresik juga memiliki program yang sifatnya religi atau program dakwah yaitu MUTIARA HIKMAH. Dari sejarah radio Elbayu tersebut bisa kita ketahui bahwa radio Elbayu saat ini masih tetap eksis dalam siaran walaupun para pendengarnya bisa dihitung dengan jari. Para pendengar Elbayu cenderung pada usia 40 tahun keatas jadi pada saat ini Elbayu mengembangkan media tersebut ke digital dengan melalui Instagram serta YouTube yang saat ini sedang dalam tahap produksi.

Seperti contoh dalam platform Instagram Radio ElBayu menngunakannya sebagai bahan untuk menyebarkan berita yang terkini ataupun lagi update. Berita tersebut dikelola hingga akhirnya diupload di Instagram ElBayu. Berita yang diupload di Instagram sebisa mungkin tidak bermuatan politik, serta kita sebisa mungkin dapat membirikan informasi yang dapat dibaca sehingga dapat bermanfaat dengan masyarakat. Untuk saat ini dalam platform Instagram berita yang dimuat yaitu berita sekitar Gresik atupun Surabaya serta sekitarnya, dikarenakan para pendengar ataupun pembaca ElBayu adalah sekitar Gresik Surabaya dan sekitarnya. Untuk saat ini berita yang disajikan mengenai tempat yang menarik disekitar dua daerah tersebut. Jadi dengan cara itulah Radio ElBayu bertahan ditengah era modernisasi serta era digitalisai saat ini yang semakin berkembang.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya