ARTIKEL RADIO ELBAYU

Bekerja sama dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

”RADIO AM ELBAYU DI ERA SOSIAL MEDIA”

Oleh: DICKY IBA ALBUNI

Magang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program inisiatif dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa agar memiliki pemahaman yang luas dalam berbagai bidang ilmu yang relevan dengan dunia kerja. Program Magang MBKM ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang ilmu yang relevan dengan dunia kerja dan juga sebagai sarana untuk mengaplikasikan keilmuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di dunia kerja. Melalui program Magang MBKM ini mahasiswa memiliki kesempatan melakukan magang selama satu semester dengan pengakuan maksimal 20 SKS mata kuliah.

Kebijakan ini sesuai dengan peraturan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang mengizinkan mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar di luar program studi mereka. Melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dapat mengambil kuliah di perguruan tinggi yang sama atau berbeda, bahkan di luar perguruan tinggi. Ini memberikan peluang untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, dan kepribadian mahasiswa serta meningkatkan kemandirian dalam mencari dan memperoleh pengetahuan melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial, sehingga dapat memenuhi tuntutan dunia kerja dengan lebih baik.

Berkaitan dengan kebijakan tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Jawa Timur memfasilitasi dan mendukung penuh mahasiswanya untuk menjalankan Magang MBKM tersebut. 

Pada kesempatan kali ini saya Dicky iba albuni, mahasiswa semester 5 yang aktif berkuliah pada program studi ilmu komunikasi universitas 17 agustus 1945 surabaya yang sedang melaksanan magang di radio Elbayu

Radio Elbayu yang merupakan radio swasta yang berasal dari Gresik dimana radio ini masih menggunakan frekuensi saluran AM. Ditengah perkembangan zaman yang semakin maju dan modern radio Elbayu mulai melakukan inovasi merambah ke sosial media. Seperti Instagram dan Youtube, Radio merupakan teknologi pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan elektromagnetik hingga dapat menghasilkan bunyi. Pada umumnya radio hanya bisa didengarkan melalui receiver yang berukuran besar hingga kecil. Namun saat ini untuk mendengarkan radio bisa melalui internet atau streaming. Dalam pekermbangannya radio menampilkan hal hal yang berbeda, mulai dari radio dengan pemyampain informasi tentang jurnalisme, dakwah, iklan atau kepentingan bisnis dan juga sarana hiburan.

Saat ini radio tidak seeksis 5 sampai 10 tahun yang lalu karena sudah tergerser dengan televisi, media sosial Youtube, Instagram dll  dan semua hal yang baru diperkembangan teknologi lainya. Namun saat ini tak sedikit radio yang tetap memiliki cara dan keuinikan untuk selalu eksis dan tetap di dengarkan di kalangan masyarakat luas.

Radio Elbayu Gresik hadir dengan segmentasi radio Adult Contemporary dan Oldies yang sasaran audiens nya adalah masyarakat dewasa dan juga masyarakat yang sudah berumur diatas 40 tahun. Radio Elbayu Gresik mulai dari awal mengudara sampai saat ini masih siaran di frekuensi AM. Frekuensi AM sendiri untuk pendengar tergolong lebih sedikit jika dibandingkan dengan frekuensi FM.

Maka dengan itu Radio Elbayu mulai terjun ke sosial media seperti Instagram dan youtube dengan cara melakukan streaming di youtube dan mulai aktif membuat postingan di Instagram seperti rels  dan feed instragram seminggu bisa 2 sampai 3 kali seminggu.

Jadi selama saya magang di radio Elbayu ini saya di tugaskan untuk mencari berita dan lebih sering membantu membuat konten dan mencari konten yang akan di post ke Instagram yang bertujuan untuk menjangkau pendengar baru radio Elbayu dikalangan anak muda dan generasi milenial supaya tetap tau bahwa di gresik masih ada radio asli gresik yang bisa dibuat untuk mengekspresikan karya karya anak muda gresik yang memiliki bakat supaya bakat nya bisa tersalurkan dan bisa menjadi batu loncatan pemuda pemudi gresik untuk makin di kenal masyarakat luas karyanya.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya